Rabu, 26 Oktober 2016

Danau Situ Bagendit serta Aksesnya

Danau Situ Bagendit serta Aksesnya
Situ Bagendit terdapat di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Situ Bagendit adalah tempat wisata alam berbentuk danau dengan batas administrasi disamping utara bersebelahan dengan Desa Banyuresmi, disamping selatan bersebelahan dengan Desa Cipicung, disamping timur bersebelahan dengan Desa Binakarya, serta disamping barat bersebelahan dengan Desa Sukamukti. 

Kesibukan wisata yang bisa dikerjakan di Situ Bagendit ini diantaranya nikmati panorama, melingkari danau dengan memakai perahu atau rakit. Beberapa pengunjung dapat juga lakukan aktivitas rekreasi keluarga, nikmati panorama dan aktivitas bersepeda air. 

Tempat wisata ini dikelola oleh Ayah Ajan Sobari dengan status kepemilikan ada di tangan pemerintah daerah yang kewenangannya dilimpahkan pada Dinas Pariwisata serta Kebudayaan Kabupaten Garut serta pihak swasta yakni Ayah Adang Kurnia. Berdasar pada perda no. 11 tahun 2001 harga masuk ticket ke lokasi ini Rp. 1. 000/orang untuk dewasa serta Rp. 500/orang untuk anak-anak. 

Segi Khusus 

Objek serta daya tarik wisata alam Situ Bagendit mempunyai kwalitas lingkungan, kebersihan serta bentang alam dalam keadaan yang baik. Bangunan-bangunan yang ada di lokasi, baik yang permanen ataupun semi permanen, dalam keadaan tertangani baik. Di lokasi ini ada pencemaran sampah serta vandalisme berbentuk coretan di bangunan serta pohon. Visabilitas di lokasi ini sedikit terhambat, tingkat kebisingan yang tengah serta ada rambu iklan. 

Sarana yang ada di lokasi ini yakni penyewaan 60 buah rakit dengan tarif Rp. 25. 000/15 menit, 11 buah sepeda air dengan tarif Rp. 10. 000/15 menit yang dalam keadaan yang baik. Ada juga sebagian bangku taman serta 6 buah shelter yang disewakan untuk pengunjung dengan harga Rp. 3. 000/jam. Ada juga kereta api mini dengan tarif Rp. 2. 000 serta kolam renang dikawasan Situ Bagendit ini. Situasi di lokasi tempat wisata ini termasuk cukup nyaman karena pembangunannya telah direncanakan dengan baik oleh dinas pariwisata tetapi masih pula ada kios liar serta pedagang kaki lima yang dengan asal-asalan mengadakan barang dagangan mereka hingga tingkat visabilitas di lokasi itu jadi sedikit terhambat. Objek serta daya tarik wisata Situ Bagendit ini beroperasi jam 07. 00-17. 00. Keadaan bangunan yang ada di lokasi ini dalam keadaan yang baik dengan type material bangunan permanen serta semi permanen dalam tata ruangan yang cukup baik karena pembangunan di lokasi Situ Bagendit ini telah direncanakan dengan baik. Dikawasan objek serta daya tarik wisata Situ Bagendit ini kwalitas lingkungan, kebersihan serta bentang alamnya dalam keadaan yang baik. di lokasi ini ada pencemaran sampah serta vandalisme berbentuk coretan di bangunan serta pohon yang dikarenakan oleh pengunjung. Visabilitas di lokasi ini sedikit terhambat, tingkat kebisingan yang tengah serta sedikit ada rambu iklan. 

Sumber daya listrik di lokasi ini datang dari PLN dengan voltase 220 volt serta distribusi yang cukup. Sumber daya air bersih di lokasi ini datang dari sumur serta PDAM dengan kwalitas air yang jernih, rasa air yang tawar, serta bau air yang normal. Kadang-kadang ada masalah pemakaian air di lokasi Situ Bagendit yakni jika musim kemarau air di sekelilingnya menyurut. System pembuangan limbah di lokasi ini yakni lewat septic tank, selokan serta lewat system irigasi. Lokasi wisata Situ Bagendit ini mempunyai system komunikasi berbentuk telepon dalam jumlah yang kurang mencukupi. Ada juga jalan setapa dikawasan Situ Bagendit ini yang panjangnya? b 50m. dimuka lokasi Situ Bagendit ada tempat parkir dengan luas 1400 m2 dengan daya tampung 30 bus, 60 kendaraan pribadi serta 180 kendaraan bermotor dalam keadaan yang cukup baik dengan susunan permukaan berbentuk tanah, tetapi vegetasi peneduhnya kurang mencukupi. Ada satu pos ticket yang berperan jadi pintu masuk dalam keadaan yang cukup baik. ada juga satu toilet umum dalam keadaan bangunan serta kebersihan yang cukup. Dikawasan ini ada taman bermain dengan vegetasi peneduh serta dalam keadaan yang cukup. Ada tempat beribadah berbentuk Mushola dan ada 10 buah tempat sampah dikawasan wisata Situ Bagendit. 

Aksesibilitas 

Jarak lokasi wisata Situ Bagendit ini dari pusat kota Garut yakni 4 km. Ada angkutan umum berbentuk angkot jurusan Terminal Guntur-Kp. Mengger serta Garut-Limbangan dengan tarif Rp. 1. 500 serta ojeg dengan tarif Rp. 2. 000. Kwalitas panorama serta tingkat keamanan selama jalan di lokasi objek serta daya tarik wisata ini cukup baik. jumlah karyawan di objek serta daya tarik wisata Situ Bagendit ini yakni 6 orang. Pengunjung yang bertandang ke tempat wisata ini perbulannya menjangkau 400-600 orang. Pengunjung itu umumnya datang dari Garut, Sukabumi, Tasikmalaya, Bogor, Bandung serta Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @garuthomestay