Selasa, 19 April 2016

Wisata Alam Batu Tumpang

  
     

Wisata alam Batu Tumpang adalah satu diantara obyek wisata yang ada di daerah Cikajang Kabupaten Garut, lebih persisnya ada di jalan arah Cikajang – Pameungpeuk. Bila dari arah pasar Cikajang jaraknya cuma 6 km. Batu Tumpang adalah obyek wisata yang paling murah dan meriah tanpa ada mesti keluarkan cost yang besar. 

Bila menginginkan pergi kesana dapat memakai mobil angkutan umum dengan cukup membayar biaya Rp. 5000, - saja atau bila memakai kendaraan pribadi seperti motor dapat ditempuh dengan saat 20 menit. Disana kita bisa nikmati pemandangan yang indah serta segarnya udara yang menyejukkan karna Cikajang termasuk juga daerah dataran tinggi hingga suhu udaranya begitu dingin. 

Pemandangan di selama jalan untuk menuju Batu Tumpang sangat indah untuk memanjakan mata karna ada hamparan luas perkebunan teh dan perkebunan sayur mayur. 

Nama Batu Tumpang sendiri sebenernya di ambil dari satu bukit batu besar yang menjulang tinggi dengan ukuran tingginya sekitaran 20 cm serta melekat pada tanah pegunungan, jadi disebutlah Batu Tumpang. 

Batu itu ada di tepi jalan umumnya beberapa pencinta alam atau orang yang bernyali besar seringkali memakai tebing batu itu untuk aktivitas Rock Climbing atau seringkali yang kita kenal dengan panjat tebing. Mereka melatih ketangkasan serta keberanian hingga puncak batu. 

Terkecuali melatih ketangkasan juga keberanian mereka sesampainya diatas dapat lihat pemandangan dari atas bukit karna dari atas sana bisa lihat pemandangan yang lebih indah bahkan juga bila cuaca sekali lagi cerah laut Pameungpeuk juga dapat terlihat. 

Untuk yg tidak berani memanjat, ada langkah beda untuk hingga ke atas bukit yakni dengan jalan kaki menyusuri jalan setapak yang cukup nanjak. 

Sehari-hari Minggu dari pagi hingga sore banyak yang berkunjung ke wisata alam Batu Tumpang, baik dari sekitaran Cikajang maupun dari luar daerah Cikajang. Bila pada pagi hari banyak yang berniat lari pagi ke Batu Tumpang tapi bila siang hingga sore hari ada yang cuma berjalan-jalan. 

Tidak cuma hari Minggu saja beberapa pengunjung datang ke Batu Tumpang, bahkan juga sehari-hari senantiasa banyak yang datang kesana bila cuacanya tengah cerah. Bila jalan-jalannya dengan keluarga atau rombongan baiknya bawa bekal makanan sendiri agar dapat lebih nikmati serta lebih seru makan dengan. 

Namun bila malas membawa makanan dari tempat tinggal, dapat beli dari warung yang berada di selama jalan Batu Tumpang, karna saat ini di selama jalan telah banyak warung-warung yang menjual makanan baik makanan berat maupun makan enteng, seperti warung nasi, tukang baso dan warung kopi yang begitu cocok dengan situasi Batu Tumpang yang dingin. Terkecuali warung ada pula saung-saung lesehan yang disiapkan oleh beberapa yang memiliki warung untuk duduk beristirahat sembari nikmati pemandangan sekitaran tanpa ada mesti membayar uang sewa. 

Wisata alam Batu Tumpang tidak kalah indahnya dan tidak kalah menariknya dengan puncak Cisarua Bogor. Walau Batu Tumpang tidak ada yang istimewa bila dibanding dengan obyek wisata yang beda tapi Batu Tumpang dapat di menjadikan puncaknya Cikajang yang dapat digunakan untuk berlibur atau dapat juga dipakai untuk tempat istirahat sesaat untuk beberapa pengemudi yang menginginkan lakukan perjalanan ke pameungpeuk maupun dari arah demikian sebaliknya dari Pameungpeuk menuju Garut, Bandung, Jakarta atau kota yang lain. Batu tempat letaknya ada di tepi jalan hingga banyak pengendara meluangkan untuk berkunjung ditempat ini. 

Tersebut wisata alam Batu Tumpang yang ada di daerah Cikajang Garut yang masih tetap dapat di nikmati tanpa ada mesti bayar ticket masuk. Mudah-mudahan kita masih tetap dapat tetaplah melestarikan lingkungan di sekitaran dengan tidak mengakibatkan kerusakan keindahan alamnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @garuthomestay