Selasa, 19 April 2016

Wisata Curug Rahong Garut



  Kecamatan Cisewu, Kabupaten Garut, mempunyai banyak aliran-aliran air bersih yang masih tetap begitu asri. Bagaimana tidak, Cisewu sendiri dengan harfiah bermakna Air Seribu (Ci : air, Sewu : Seribu), dinamakan dari satu mata air yang banyak digunakan warga sekitaran. Hulu-hulu air ini gabung dengan sungai-sungai besar yang bermuara ke Pantai Selatan, seperti Sungai Cilaki serta Sungai Cilayu. Di selama aliran air ini, banyak diketemukan curug-curug atau air terjun yang cantik. Yang paling populer di Cisewu, sudah pasti Curug Rahong. 
Curug dengan tinggi sekitaran 10 mtr. ini tampak unik dengan debet air cukup besar yang terbelah dua oleh batu yang menonjol di dalam curug. Airnya juga masih tetap begitu bersih serta begitu mengundang untuk beri kesegaran diri. Tempatnya juga tidak jauh dari jalan raya, cukup cuma dengan 5 menit jalan, serta sedikit memanjati bebatuan. Belumlah ada pemberi tanda apa pun untuk menuju curug ini. Yang dapat kalian menjadikan sinyal yaitu satu jembatan serta tanjakan. Jembatan serta tanjakan ini juga seringkali dimaksud jembatan Rahong serta tanjakan Rahong, meskipun nama aliran sungainya yaitu Sungai Cibodas. 
Bila pergi dari arah Rancabuaya, jembatan sungai Cibodas ini terdapat sebelumnya tanjakan sebagian waktu sesudah kalian melalui batas kecamatan (sungai Cilayu). Sedang bila dari arah Pangalengan, bermakna curug ini ada sesudah turunan yang curam, sebagian waktu sesudah kalian melalui kantor kecamatan Cisewu. Bertanyalah arah menuju Curug Rahong pada warung-warung yang berada di tepi jalan, sekalian minta arahan bila menginginkan main air. 
Curug Rahong ini benar-benar sangat mengundang untuk mandi serta berenang. Tapi yakinkan kalian memohon izin dahulu pada warga sekitaran. Ada potensi bahaya dibawah air disini, berbentuk satu ruang didalam bebatuan yang mungkin saja perangkap bila kalian kurang hati-hati. Menurut pembicaraan warga sekitaran, potensi bahaya di Curug Rahong ini sempat menelan korban, jadi kalian tidak bisa meremehkan hal semacam ini. Bila kalian menginginkan berenang, yakinkan kalian berenang di lokasi yang aman. Walau bagaimanapun, saat tim JG lakukan survey ke curug ini, anak-anak lokal tengah bermain air di curug ini. 
Curug Rahong ini sangat instagrammable. Susunan air terjun yang ciri khas dari Curug Rahong ini memanglah tampak unik di photo, buat beberapa orang penasaran. Terutama dengan warna air yang bersih, serta terkadang tampak membiru, buat Curug Rahong pernah dijuluki Blue Lagoon (meskipun sebenarnya julukan itu kurang pas). Tambah baik kalian bertandang kesini sepagi mungkin saja bila kalian menginginkan ambil photo yang bagus dari Curug Rahong. Terkecuali pencahayaan matahari yang semakin bagus pada pagi hari, bila hujan turun, debet air jadi membesar serta air juga jadi keruh karna membawa material tanah. 
Bila kalian akan pergi ke Curug Rahong, kalian dapat juga sekalian berkunjung ke sebagian tujuan di Lokasi Wisata Rancabuaya. Dari Curug Rahong kalian tinggal berkendara sekitaran 30-45 menit menuju kecamatan Caringin serta mulai mengeksplore Rancabuaya bersama pantai-pantai unik yang lain. Janganlah lupa, jagalah alamnya, dukung ekonomi lokalnya, serta hormati budayanya. Be a Responsible Traveller!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @garuthomestay