Jumat, 27 Januari 2017

Wisata Kuliner Es Goyobod Khas Garut

Wisata Kuliner Es Goyobod Khas Garut
Garut tidak terlepas dari industri kreatif sesudah kota bandung, nyaris disetiap bulan banyak bermunculan keanekaragaman product ciri khas garut seperti Garut homestay yang demikian banyak yang ketertarikan dengan homestay berkualitas. Begitu juga es goyobod yang disebut produk olahan yang dikemas dengan kekinian.

Es Goyobod. Itu namanya. Untuk sebagian Travelmate, mungkin saja saja kuliner keunikan Garut ini sudah ramah di telinga, atau bahkan sudah ramah di lidah. Nah untuk yang tetap masih penasaran, Jelajah Garut akan mengupas semua tentang si Pelepas Dahaga dari kota Garut ini. 

Goyobod, yang berarti basah kuyup dalam Bhs Indonesia, bisa di kategorikan jadi es campur. Namun tentunya ada kekhasan sendiri. Mulai dari sensasinya waktu masuk ke rongga mulut, hingga resep rahasianya yang misterius. Bahkan, es campur keunikan yang satu ini punyai sejarah yang panjang. 

Pada dekade 1930-an, Es Goyobod ini diperkenalkan oleh seorang pedagang yang bernama Junaedi di Jakarta. Sayangnya, usaha Junaedi di Jakarta kurang mujur. Lalu usaha ini dibawa dan dilanjutkan oleh anaknya yang bernama Usep di Bandung sekitaran th. 1940, di daerah Banceuy. Dagangannya juga mulai laris. Namun, Peristiwa Bandung Lautan Api tanggal 23 Maret 1946 mengharuskan Usep mengungsi ke Garut dan melanjutkan usahanya di Garut. 

Seorang pedagang Goyobod di Garut membuka cerita sama. Hanya saja beliau menerangkan bila penemu Goyobod ini bernama Abah Aca, yang berjualan di Banceuy juga. Waktu peristiwa Bandung Lautan Api, Abah Aca geser ke Garut dan usahanya dilanjutkan oleh anaknya. 

Dengan kasat mata, Es Goyobod ini seperti tidak ada bedanya dengan es campur lain. Namun waktu sudah masuk di kerongkongan, perbedaan rasa akan kontras terasa. Ini karna perbedaan susunan yang datang dari sebagian bahan basic Goyobod. 

Mempunyai bahan basic dari tepung sagu, pacar cina, alpukat, dan sirup, Es Goyobod yang teksturnya kenyal ini lantas dipadu-padankan dengan serutan kecil kelapa muda dan ditambah roti tawar serta serutan es diatasnya jadi topping. Slurrrp! 

Sayangnya, apabila anda bikin sendiri Es Goyobod ini, kesempatan besar perasaan tidak akan sama saja dengan Es Goyobod yang umum dijual di Garut. Ini diakui karna Goyobod yang umum dijual di Garut memiliki satu resep rahasia seperti Krabby-Patty. 

Sebagian pencinta kuliner keunikan tentu mesti cobalah Es Goyobod asli Garut ini. Ditengah hari, saat cuaca tengah terik-teriknya di Kota Garut, dan kerongkongan tengah kering-keringnya, Goyobod-lah jalan keluar jitunya. 

Nah, dari pada bingung dan cape buat Goyobod sendiri, mendingan selekasnya beli di penjualnya selekasnya yang asli Garut. Ada banyak gerobak Es Goyobod yang bisa Travelmate temui di Kota Garut. Travelmate bisa datang ke Alun-Alun Garut, samping Rutan Garut dan Jalan Pajajaran. Selain itu bisa dijumpai juga di daerah sentra kerajinan kulit Sukaregang, di Jalan Rumah Sakit depan kantor Arsip Garut, juga di sekitaran Simpang Lima dan Pemda.

Telah sesuai sama info yang anda mencari? Terkecuali artikel es goyobod dari Garut yang Anda mencari, Anda dapat juga temukan artikel yang lain seperti penginapan murah serta berkualitas dengan pelayanan yang maksimal dari Garut homestay. Terdapat banyak info menarik yang lain yang dapat anda nikmati Oke, mudah-mudahan info dari situs (blog) ini dapat berguna untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @garuthomestay