Jumat, 27 Januari 2017

Wisata Kuliner Sambal Cibiuk Khas Garut

Wisata Kuliner Sambal Cibiuk Khas Garut
Garut tidak terlepas dari industri kreatif sesudah kota bandung, nyaris disetiap bulan banyak bermunculan keanekaragaman product ciri khas garut seperti Garut homestay yang demikian banyak yang ketertarikan dengan homestay berkualitas. Begitu juga sambal cibiuk yang disebut produk olahan yang dikemas dengan kekinian.

Sebagian pengagum sambal asli Indonesia harusnya sudah tidak asing lagi dengan nama Sambal Cibiuk. Ya, sambal asli dari Desa Cibiuk, Garut ini sudah melanglangbuana hampir ke semuanya tempat Indonesia. Sambal yang bercita rasa bumbu alami ini memiliki bentuk yang unik, yaitu semua bumbu tidak digerus (diulek) sampai halus. Cukup digerus kasar hanya saripati dari bumbu saja yang sampai keluar. 

Sambal Cibiuk ini popular ditahun 90’an sampai sekarang ini. Bahkan juga ada juga rumah makan yang penamaannya diambil dari Sambal Cibiuk dengan sambal itu jadi menu andalannya. Sebenarnya popularitas sambal ini sudah berkembang sejak mulai lama. Sambal ini memiliki kaitan sejarah dengan satu di antara tokoh penyebar Islam di Garut, yaitu Syech Ja’far Shiddieq. 

Syech Ja’far Shiddieq yang sering di panggil Mbah Wali oleh beberapa orang setempat, yaitu salah seorang tokoh penyebar Islam Garut yakni seorang tokoh penyebar Islam mengajarkan kesibukan ekonomi pada beberapa orang dan pengikutnya. Beliau sering memprioritaskan pentingnya jadi seorang wiraswasta dan menggali potensi sendiri terlebih dibagian makanan pada beberapa orang dan pengikutnya. 

Hingga satu saat, Syech Ja’far Shiddieq yang mempunyai kebiasaan menjamu tamunya dengan siapkan makanan, putrinya yang bernama Nyimas Ayu Fatimah buat sambal Cibiuk ini dan Nyimas Ayu Fatimah ini yang tingkatkan Sambal Cibiuk dari generasi ke generasi sampai saat ini. Konon menurut cerita yang berkembang di beberapa orang sana, Sambal Cibiuk ini memiliki bahan diambil dari Arab dan hanya disajikan untuk jika ada tamu istimewa atau tamu agung. Bahkan dalam system membuatnya, ada mantra/jampi-jampi khusus agar enak dan lezat. 

Langkah membuatnya termasuk juga cukup mudah. Tidak ada sebagian bahan yang khusus. Bahan paling penting dalam buat Sambal Cibiuk ini yakni tomat hijau, daun kemangi, dan tentunya cabe rawit yang pedas. Nah, daun kemangi tersebut yang buat wangi sambal dan lebih lezat. Travelmate menginginkan cobanya? Ini resepnya : 


  • 10 buah cabe rawit hijau 
  • 3 buah tomat hijau, potong kasar 
  • 3 siung bawang merah 
  • ½ sendok terasi bakar 
  • 2 cm kencur 
  • 5 pucuk daun kemangi 
  • ½ sendok garam 
  • ½ sendok teh gula merah 


Haluskan lebih dahulu cabe rawit hijau, gula merah, bawang merah, terasi bakar, dan garam. Jangan sampai begitu halus. Lalu input tomat hijau ulek kasar. Dan terakhir, input daun kemangi dan hanya digerus kasar saja seperti tomat hijau. Untuk Travelmate yang inginkan macam dalam buat Sambal Cibiuk, jadi bisa ganti cabe hijau dan tomat hijaunya dengan yang berwarna merah. Travelmate bisa pula memberi kacang tanah agar terlihat kental. Sambal Cibiuk ini lebih nikmat disajikan dengan nasi liwet, ikan asin, tempe, tahu, dan tentunya, petay. Selamat cobalah, Travelmate!

Telah sesuai sama info yang anda mencari? Terkecuali artikel sambal cibiuk dari Garut yang Anda mencari, Anda dapat juga temukan artikel yang lain seperti penginapan murah serta berkualitas dengan pelayanan yang maksimal dari Garut homestay. Terdapat banyak info menarik yang lain yang dapat anda nikmati Oke, mudah-mudahan info dari situs (blog) ini dapat berguna untuk Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @garuthomestay