Rabu, 26 Oktober 2016

Air Terjun Curug Citiis serta Sejarahnya

Air Terjun Curug Citiis serta Sejarahnya
Curug Citiis ada di ketinggian 1000 m diatas permukaan laut (dpl) persis di tengahnya lokasi Gunung Guntur yang gersang serta lokasi Gunung Gede di samping utaranya yang masih tetap berbentuk rimba lebat. Seakan-akan curug ini jadi batas ke-2 lokasi yang kondisinya begitu kontras. 

Sumber air curug ini datang dari Gunung Guntur yang memiliki dua buah mata air, yakni mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas, serta mata air dingin yang mengalir ke aliran Curug Citiis. 

Curug Citiis banyak dikunjungi wisatawan, terlebih golongan muda, yang datang dari beragam tempat. Daerah dimana curug ini ada juga jadi salah situ rute pendakian untuk mereka yang menginginkan mengalahkan puncak Gunung Guntur dari arah Kampung Pasawahan. 

Legenda 

Konon curug ini adalah tempat berjumpanya beberapa raja dari semua pulau Jawa. Nama Curug Citiis ini sendiri datang dari kata citiis yang bermakna air dingin karna menurut masyarakat sekitaran suhu air dari air terjun ini paling dingin sewilayah Garut. 

Tempat 

Terdapat di Desa Pasawahan, Kecamatan Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Provinsi Jawa Barat. 

Aksesbilitas 

Berjarak sekitaran 10 km dari ibukota kecamatan Tarogong atau sekitaran 15 km dari pusat kota Garut. Untuk menuju ke curug ini tujukan kendaraan sampai ke Kampung Citiis yang terlatak di kaki Gunung Guntur. 

Untuk yang memakai kendaraan umum bisa naik ojek dari Cipanas atau naik angkot dari Terminal Garut Turun di gerbang Kampung Citiis. Setelah itu perjalanan diteruskan dengan jalan kaki atau naik ojek menuju Kampung Citiis. Jaraknya tidaklah terlalu jauh, cuma sekitaran 15 menit dengan memakai ojek. Tarifnya sekitaran 10rb-an. 

Setiba di kampung ini perjalanan dilanjutkan dengan jalan kaki menuju tempat curug melalui jalan setapak sejauh lebih kurang 4 km. 

Sarana serta Akomodasi 

Sarana dii lokasi curug ini cuma ada tiga buah shelter dalam keadaan cukup baik tetapi ada sedikit vandalisme di shelter, satu kios dalam keadaan yang cukup serta cuma buka pada hari Minggu. Sarana serta akomodasi beda tidak dipunyai. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @garuthomestay