Rabu, 26 Oktober 2016

Pantai Rancabuaya serta Rute Aksesnya

Pantai Rancabuaya serta Rute Aksesnya
Pantai Rancabuaya yaitu satu diantara tempat wisata pantai di Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Pantai yang mempunyai batu-batu karang besar ini segera bersebelahan dengan Samudera Hindia hingga mempunyai ombak yang cukup besar. Yang menarik dari pantai ini yaitu banyak batuan karang yang cukup besar, juga ada tebing batuan yang cukup tinggi dan ada air terjun (Bhs Sunda : curug) yang segera menghadap ke pantai. Hal-hal lain yang menarik yakni banyak ikan-ikan kecil yang terjebak di karang-karang yang terikut oleh ombak. 

Keadaan Pantai 

Pantai Rancabuaya adalah type pantai berbatu karang hingga kurang pas untuk berenang. Pantai Rancabuaya sendiri adalah pantai pelabuhan hingga anda dapat memperoleh ikan hasil tangkapan segera dari nelayan maupun dari warung di sekitaran pantai. Status kepemilikan dari tanah di ruang pantai Rancabuaya yaitu sebesar 70% adalah tanah punya serta bekasnya adalah tanah desa. Pengelolaan wisata di ruang Pantai Rancabuaya dikerjakan oleh grup penggerak pariwisata (kompepar) yang terbagi dalam orang-orang setempat. Pantai Rancabuaya memanglah kurang promosi hingga kurang demikian populer. Tetapi pantai ini mempunyai potensi wisata yang cukup besar yakni dengan terdapatnya akses jalan yang cukup lancar serta mulus hingga gampang dijangkau. Sekarang ini tengah dikerjakan pembangunan infrastruktur baru. 

Tempat 

Pantai Rancabuaya terdapat di Desa Purbayani, Kecamatan Caringin, kabupaten Garut, Jawa barat, Indonesia. Samping utara bersebelahan dengan Desa Caringin, samping selatan bersebelahan dengan Desa Indralayang, Samping timur bersebelahan dengan Desa Sinarjaya, serta samping barat bersebelahan dengan Samudera hindia. 

Aksesibilitas 

Untuk menuju pantai Rancabuaya, anda dapat memakai sebagian alternatif jalan ; 
  • Jalur Garut - Pameungpeuk - Rancabuaya. Jalur ini melalui kota Garut terlebih dulu dengan keadaan jalan cukup baik. 
  • Jalur Bandung - Pangalengan - Rancabuaya. Jalur ini mempunyai keadaan jalan yang bagus serta sudah di hotmix pada nyaris 1/2 jalannya. Adalah jalur yang baru diperbaiki serta dibuat. 
  • Jalur Bandung - Ciwidey - Cidaun - Rancabuaya. Jalur ini melalui lokasi bandung selatan. Beberapa dari jalur ini memakai jalan lintas selatan jawa barat yang menyusuri selama pantai selatan di lokasi jawa barat. 

Transportasi umum yang ada yaitu angkutan umum berbentuk Elf dari terminal kota Garut serta dari Pangalengan. 

Sarana Pendukung 

  • Tempat parkir yang cukup luas 
  • Lesehan ciri khas daerah pantai yang cukup banyak 
  • Pondokan berbentuk penginapan serta villa yang bisa kita sewa 
  • Ada saung-saung wisata yang bisa kita sewa 
  • Akses jalan yang ideal dan sarana yang lain. 

Hal-hal lain yang butuh diingat kalau pantai ini masih tetap alami serta jauh dari polusi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @garuthomestay