Rabu, 26 Oktober 2016

Air Terjun Curug Nyogong serta Aksesnya

Air Terjun Curug Nyogong serta Aksesnya
Nada gemuruh air terjun serta kesejukan alam adalah sensasi sendiri di tempat wisata Garut selatan ini. Curug Nyogong begituindah diliat dari atas tebing dari terlalu jauh. Curug Nyogong adalah tingkatan ke-2 sesudah Curug Cialeuan. Tempat air terjun ini dengan administratif ada di Kampung Sawah, Desa. Mekarwangi, Kecamatan Cihurip. Kabupaten Garut. Tempatnya ke arah selatan Kota Garut, sekitaran tiga jam perjalanan dari Garut kota. 

Pesona Keindahan Ruang Wisata Curug Nyogong 

Sepanjang perjalanan, Anda juga juga akan temukan air terjun beda, satu diantaranya Curug Cibadak. " Nyogong " sendiri dalam bhs Sunda berarti " menikung " di mana aliran air terjun melewatu batuuan besar serta berbelok-belok. Memanglah, aliran jatuhan Curug Nyogong sedikit berbelok dari aliran paling utama di atasnya, yakni Curug Cialeuan. Mengenai sumber aliran Curug Cialeuan serta Curug Nyogong yaitu aliran Sungai Cisanggiri yang berhulu di sekitaran rimba Gunung Gelap 

Untuk menjangkau tempat nan asri serta sejuk ini dibutuhkan saat 1/2 jam perjalanan melalui rimba. Selama trek ditanggung tidak buat Anda bosa. Anda dapat lihat keindahan hijaunya rimba. Nah, di tempat air terjun, sensasi beda dapat Anda rasakan dengan bercengrama dengan dahsyatnya air terjun dengan debet air. Untuk renang diperlukan nyali lebih. 

Untuk berenang berharap cermati safety karna banyak batuan serta cukup dalam. Di tebing dapat lompat ke air dengan kata lain rock jump. Hati-hati terpeleset karna batuan yang ada licin. Airnya begitu fresh serta akan memancing Anda untuk berenang. Tetapi, untuk yang cuma ingin 
nikmati keindahan alam tidak ada ruginya memphoto di sekitaran tempat. Tetapi janganlah lupa karna daerah sini termasuk juga dingin, bawa baju tidak tipis serta alas kaki yang cocok buat ke hiking. Ditanggung, Anda akan memperoleh gambar yang bagus untuk diupload ke sosial media. 

Rute Menuju Curug Nyogong 

Bila Anda telah tiba Garut, ambillah arah ke Pameungpeuk. Keadaan jalan selama Kota Garut sampai Kecamatan Bayongbong ketika akhir minggu juga akan cukup ramai, hingga dianjurkan untuk masuk Kota Garut sekitaran jam 06. 00 WIB. Keadaan jalan yang juga akan dilewati cukup baik sampai Kecamatan Cikajang serta relatif tidaklah terlalu banyak berkelok-kelok. 

Selepas Kecamatan Cikajang, medan juga akan mulai masuk daerah pegunungan. Jalan berkelok ciri khas lokasi Selatan Jawa Barat juga akan jadi medan paling utama sampai tiba di pertigaan Kecamatan Cihurip. Jalan masuk Curug Nyogong searah dengan Curug Cibadak, Garut. Tetapi perjalanan cuma hingga pertigaan masuk Desa Mekarwangi, yaitu sebelumnya Desa Cisangkal. 

Kecamatan Bayongbong. Sesudah alun-alun Kecamatan Bayongbong juga akan didapati pertigaan. Pertigaan ini adalah pertemuan jalan dari jalur Samarang dengan jalur yang lewat Garut kota. Sesudah pertigaan Bayongbong, patokan selanjutnya yakni Pasar Cisurupan. Ikuti jalan paling utama menuju Cidatar serta Cikajang. Patokan selanjutnya yakni Pertigaan Papanggungan. Ambillah arah kiri atau yang menghadap ke Cikajang serta Pameungpeuk. Patokan selanjutnya yakni pusat Kecamatan Cikajang. 

Ikuti selalu jalan paling utama sampai masuk perkebunan teh. Patokan selanjutnya yakni tempat wisata Batu Tumpang yang ada pas di tepi jalan. Sesudah jalur dengan panorama perkebuna teh serta jejeran perbukitan, jalur juga akan masuk lokasi Gunung Gelap. Ambillah rute ke Kecamatan Cihurip ke Desa Mekarwangi. Untuk yang membawa kendaraan bisa parkir di Balai Desa. 

Perjalanan setelah itu cuma bisa ditempuh dengan jalan kaki lewat jalan setapak. Jarak jalan setapak ini sampai tiba di tempat curug sekitaran lebih kurang 2 Km (1/2 jam perjalanan) dengan melalui sawah, kebun, serta rimba belukar. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @garuthomestay