Rabu, 26 Oktober 2016

Kawah Talaga Bodas serta Biaya Akomodasinya

Kawah Talaga Bodas serta Biaya Akomodasinya
Tempat wisata kawah Talaga Bodas adalah satu diantara tempat wisata pegunungan yang ada di kabupaten Garut. Tempat wisata ini adalah satu danau kecil atau talaga yang terjadi di sisa kawah gunung Talaga Bodas. 

Kawahnya sendiri masih tetap memiliki kesibukan vulkanik, tetapi telah tidak beresiko serta aman dikunjungi. 

Lokasi ini masih tetap hijau serta rimbun dan bersebelahan segera dengan rimba. Rekan-rekan dapat temukan situasi yang fresh serta panorama yang beri kesegaran mata di sekitaran kawah talaga bodas Garut. 

Sepintas Mengenai Kawah Talaga Bodas 

Tempat kawah talaga bodas terdapat sekitaran 28 KM dari ibu kota Garut serta relatif gampang dijangkau dengan kendaraan roda 2 maupun 4. Cuma saja sekarang ini lebih dari 1/2 jalan menuju ke tempat dalam keadaan rusak berat. Yakinkan keadaan kendaraan anda sehat bila menuju ke sini. 

Talaga bodas dalam bhs indonesia bermakna telaga/danau putih. Hal semacam ini karena tempatnya yang memanglah berbentuk danau kecil di sisa kawah dengan air belerang yang berwarna putih. Di sini masih tetap ada kesibukan vulkanik berbentuk air panas serta belerang. 

Terkecuali mengalir ke kawah, air ini digunakan jadi sumber air panas serta penyembuhan oleh orang-orang sekitaran Garut serta Tasik 

Tempat Kawah Talaga Bodas 

Tempat kawah Talaga Bodas dengan administratif berada di Desa Sukamenak, wanaraja, Garut. Lokasi ini ada didalam pengelolaan BKSDA Jawa Barat. 

Untuk menuju ke Talaga bodas dapat memakai jalur Bandung – Garut – Wanaraja ataupun Bandung – Limbangan – Cibatu – Wanaraja. 

Belumlah ada pemberi tanda spesial yang memberikan tempat ini. Penandanya yaitu pertigaan sesudah alun-alun wanaraja ambillah belokan ke kanan (bila dari arah Garut) atau pertigaan sebelumnya alun-alun wanaraja ambillah belokan ke ke kiri (bila dari arah Cibatu). Transportasi umum menuju tempat dapat dengan memakai angkot Garut – wanaraja dari terminal guntur Garut serta disambung dengan ojek hingga ke tempat. 

Waktu mendekati tempat kawah, anda juga akan berjumpa dengan pertigaan dengan sebagian warung di sekelilingnya. Jalan ke kanan menuju ke talaga bodas, serta jalan lurus menuju ke arah Tasikmalaya. 

Dari sini anda dapat lihat gunung Sadahurip yang konon kata beberapa orang adalah Piramida Purba. Spot di sini dapat disebutkan spot paling baik buat lihat gunung sadahurip dengan bentuk piramidnya. 

Sekarang ini telah mulai ada pengaturan tempat di ruang Talaga bodas. Saat ini, kendaraan pribadi tidak dapat masuk segera ke ruang kawah, tapi mesti berhenti di ruang gerbang masuk. Semuanya kendaraan mesti parkir di sini. Dari sini kita dapat jalan kaki menuju tempat kawah, atau memakai ojek yang spesial mengangkut pengunjung ke sana. Warung-warung juga hanay ada dikawasan parkir, tidak seperti dahulu yang segera ada di tepi kawah. 

Anjuran saya sich, pergi ke kawah tambah baik naik ojek karena cukup nanjak sejauh sekitaran 700 m. Pulangnya baru jalan kaki enjoy, ngga lelah kok. 

Terdapat banyak tempat yang dapat dikunjungi di lokasi taman wisata alam talaga bodas. Yang paling utama pastinya ruang kawah. Saat ini, di ruang kawah tak ada warung seperti dahulu hingga anda mesti membawa makanan/minuman sendiri ke sini. 

Tempat beda yang dapat dikunjungi yaitu kolam rendam air panas. Tempatnya ada di ruang kanan kawah. 

Kolamnya terbuka, segera ada di tepi kawah. Untuk menuju tempat ini, kita cukup jalan menyusuri rute ke arah kanan kawah. Akan terdapat beberapa ojek yang menawari anda. Tapi bila menurut saya cukup jalan saja, dekat kok hanya 200 meteran. Diluar itu jalannya datar hingga ngga lelah. 

Terkecuali kolam rendam air panas ini, ada juga Pancuran 7 ; kolam rendam air panas yang diakui warga sekitaran dapat membawa barokah. Untuk menuju ke sini, anda mesti memakai jalan ke samping kiri dari ruang parkir, lebih kurang 1 KM. 

Harga Ticket Masuk Kawah Talaga Bodas 2016 

Harga ticket masuk kawah talaga bodas garut 2016 yaitu seperti berikut : 

  • Wisatawan lokal Rp 5000 (hari umum), serta Rp 7500 (hari libur) 
  • Wisatawan luar Rp 100. 000 (hari umum), serta Rp 150. 000 (hari libur) 
  • Sepeda Rp 2000 (hari umum), serta Rp 3000 (hari libur) 
  • Roda 2 atau motor Rp 5000 (hari umum), serta Rp 7500 (hari libur) 
  • Roda 4 Rp 10. 000 (hari umum), serta Rp 15. 000 (hari libur) 
  • Roda 6 Rp 50. 000 (hari umum), serta Rp 75. 000 (hari libur) 
  • Rombongan pelajar/mahasiswa Rp 4000 per orang (hari umum), serta Rp 4500 per orang (hari libur) 
  • Photo komersial atau pre wedding Rp 250. 000 


Keadaan Jalan Menuju Tempat 

Keadaan jalan mulai dari pasar wanaraja hingga kurang lebih sepertiga perjalanan waktu artikel ini di buat cukup baik. Tapi kemudian jalannya cukup mengagumkan.. rusak banget. Tidak dianjurkan untuk meggunakan kendaraan seperti sedan serta semacamnya, karena jalanan rusak serta berlubang-lubang. 

Mudah-mudahan saja nantinya tempat ini dapat memperoleh perhatian semakin besar dari pemerintah setempat ya. Sayang soalnya tempatnya bagus, telah cukup di kenal, tapi dihalangi akses jalan yang rusak banget. 

Akomodasi 

Ada cukup banyak warung di sekitaran ruang parkir kawah hingga anda tidaklah perlu cemas. Toilet juga telah ada. Diluar itu juga ada ruang parkir yang cukup luas. Untuk tempat bermalam, selama ini tak ada penginapan di ruang ini. Tapi kelihatannya dapat untuk camping. 

Tempat wisata garut ini cukup menarik untuk beberapa rekanan kunjungi. Sempat ke kawah putih di Bandung? Talaga bodas memiliki situasi yang sama juga dengan kawah putih Bandung, cuma saja masih tetap alami serta lebih hijau.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @garuthomestay