Rabu, 26 Oktober 2016

Gunung Papandayan Garut serta Sejarahnya

Gunung Papandayan Garut serta Sejarahnya
Gunung Papandayan yaitu gunung api strato yang terdapat di Kabupaten Garut, Jawa Barat persisnya di Kecamatan Cisurupan. Gunung dengan ketinggian 2665 mtr. diatas permukaan laut itu terdapat sekitaran 70 km samping tenggara Kota Bandung.

Pada Gunung Papandayan, ada banyak kawah yang populer. Salah satunya Kawah Mas, Kawah Baru, Kawah Nangklak, serta Kawah Manuk. Kawah-kawah itu keluarkan uap dari bagian dalamnya.

Topografi didalam lokasi curam, berbukit serta bergunung dan ada tebing yang terjal. Menurut kalisifikasi Schmidt serta Ferguson termasuk juga tipe iklim B, dengan curah hujan rata-rata 3. 000 mm/thn, kelembapan udara 70 – 80 persen serta temperatur 10 °C.

Keanekaragaman Hayati 

Potensi flora didalam lokasi gunung ini salah satunya Pohon Suagi (Vaccinium valium), Edelweis (Anaphalis javanica), Puspa (Schima walichii), Saninten (Castanea argentea), Gunakan (Quercus platycorpa), Kihujan (Engelhardia spicata), Jamuju (Podocarpus imbricatus), serta Manglid (Magnolia sp). Sedang potensi fauna lokasi salah satunya Babi Rimba (Sus vitatus), Trenggiling (Manis javanicus), Kijang (Muntiacus muntjak), Lutung (Trachypitecus auratus) dan sebagian type burung diantaranya Walik (Treron griccipilla), serta Kutilang (Pycononotus aurigaste).

Gunung Papandayan memiliki lokasi rimba Dipterokarp Bukit, rimba Dipterokarp Atas, rimba Montane, serta rimba Ericaceous.

Potensi Wisata 

Daya tarik Wisata Lokasi-lokasi yang menarik serta seringkali dikunjungi wisatawan salah satunya :

  • Kawah Papandayan Adalah komplek gunung berapi yang masih tetap aktif seluas 10 Ha. Pada komplek kawah ada lubang-lubang magma yang besar ataupun kecil, dari lubang-lubang itu keluar asap/uap air sampai menyebabkan beragam jenis nada yang unik.
  • Blok Pondok Saladah Adalah areal padang rumput seluas 8 Ha, dengan ketinggian 2. 288 mtr. diatas permukaan laut. Di daerah ini mengalir sungai Cisaladah yang airnya mengalir selama th.. Tempat ini begitu pas untuk tempat berkemah.
  • Blok Sumber Air Panas Letaknya di perbatasan Blok Cigenah, sumber air panas ini memiliki kandungan belerang serta berhasiat dalam pengobatan penyakit kulit terlebih gatal-gatal.
Keseluruhannya lokasi ini mempunyai pemandangan alam yang indah dengan lingkungan yang relatif masih tetap utuh serta alami yang didukung dengan kesejukan udara. Aktivitas Wisata Alam yang bisa dikerjakan :
  • Nikmati keindahan serta kekhasan alam
  • Lintas alam
  • Berkemah
  • Memphoto
  • Mandi air yang memiliki kandungan belerang, untuk penyembuhan penyakit kulit. 

Letusan 

Dalam catatan histori, Gunung api Papandayan terdaftar sudah sekian kali meletus salah satunya pada 12 Augustus 1772, 11 Maret 1923, 15 Agustus 1942, serta 11 November 2002. Letusan besar yang berlangsung pada th. 1772 menghancurkan sekurang-kurangnya 40 desa serta menewaskan sekitaran 2957 orang. Daerah yang tertutup longsoran menjangkau 10 km dengan lebar 5 km.

Pada 11 Maret 1923 berlangsung sekurang-kurangnya 7 kali erupsi di Kawah Baru serta didahului dengan gempa yang berpusat di Cisurupan. Pada 25 Januari 1924, suhu Kawah Mas bertambah dari 364 derajat Celsius jadi 500 derajat Celcius. Satu letusan lumpur serta batu berlangsung di Kawah Mas serta Kawah Baru serta menghancurkan rimba. Sesaat letusan material nyaris menjangkau Cisurupan. Pada 21 Februari 1925, letusan lumpur berlangsung di Kawah Nangklak. Pada th. 1926 satu letusan kecil berlangsung di Kawah Mas.

Mulai sejak April 2006 Pusat Vulkanologi serta Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) mengambil keputusan status Papandayan ditingkatkan jadi siaga, sesudah berlangsung penambahan kesibukan seismik. Pada 7-16 April 2008 Berlangsung penambahan suhu di 2 kawah, yaitu Kawah Mas (245-262 derajat Celsius), serta Balagadama (91-116 derajat Celsius). Sesaat tingkat pH menyusut serta konsentrasi mineral bertambah. Pada 28 Oktober 2010, status Papandayan kembali bertambah jadi level 2....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @garuthomestay