Rabu, 26 Oktober 2016

Objek Wisata Uji Nyali Batu Tumpang di Garut

Objek Wisata Uji Nyali Batu Tumpang  di Garut
Kesempatan ini kita juga akan mengeksplor tebing alam setinggi 150 mtr. yang berada tidak jauh dari pusat kota Garut Propinsi Jawa Barat, persisnya di Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Bila anda sempat bertandang ke Pantai Santolo atau Sayang Heulang Pameungpeuk, pastinya akan melalui tebing ini. 

Jarak tempuh menuju obyek wisata Batu Tumpang dari pusat kota Garut yakni 32 KM ke arah Pantai Pameungpeuk dengan saat tempuh sekitaran 60 menit. Bila dari pasar Cikajang, jaraknya cuma 6 KM, di pertigaan Cigugur anda mesti ambil jalur kanan. 

Objek Wisata Uji Nyali Batu Tumpang  di Garut


Aksesibilitas menuju tebing alam Batu Tumpang begitu gampang serta murah, ada banyak angkutan yang melalui obyek wisata alam di Garut yang satu ini. Anda dapat memakai elf atau bis jurusan Garut – Pameungpeuk atau Bandung – Pameungpeuk. Tempatnya pas di tepi jalan, jadi sesudah turun dari kendaraan anda tidaklah perlu cape sekali lagi jalan kaki sangat jauh. 

Dahulu kecamatan Cikajang populer dingin karena ada di kaki gunung Cikuray, dinginnya kurang lebih serupa dengan Pangalengan Bandung. Tetapi saat ini telah agak menyusut, peluang dikarenakan oleh lokasi rimba yang selalu menyempit, kebun teh yang dahulu menghampar juga saat ini telah nyaris habis ditukar oleh sayur-sayuran. 

Objek Wisata Uji Nyali Batu Tumpang  di Garut


Terkecuali landscapenya yang menarik, obyek wisata ini mempunyai kekhasan sendiri yakni ujung batu itu yang melekat dengan tanah hingga batu terlihat miring. Mungkin saja karena hal tersebut tempat ini diberi nama Batu Tumpang. Tetapi panorama alam dari Cigugur menuju lokasi Batu Tumpang masih tetap terbangun. Pohon-pohon pinus yang tinggi mejulang berderet di selama jalan, kebun teh menghampar luas, udaranya sejuk serta jalannya berkelok buat pemandangan alam Batu Tumpang makin memikat lain tidak tebal dengan panorama di Puncak Bogor. 

Di sekitaran tujuan rock climbing Batu Tumpang ada warung-warung kecil yang jual bermacam camilan serta kuliner ciri khas Sunda yang dihidangkan dengan lesehan. Sembari nikmati kuliner yang lezat, ditempat ini anda dapat melihat indahnya bukit-bukit perkebunan teh PTPN Giriawas serta kebun sayuran punya warga sekitaran yang tempat tinggalnya tampak terang ada dibawah jalan dekat Batu Tumpang. 

Objek Wisata Uji Nyali Batu Tumpang  di Garut


Siapa saja bisa bertandang tempat ini, tanpa ada dipakai tarif atau ticket masuk. Pengunjung yang datang ke tebing alam Batu Tumpang terakhir makin ramai, baik wisatawan lokal Garut, Bandung, Jakarta, Tasikmalaya ataupun dari kota-kota beda. Mereka umumnya berkunjung di obyek wisata ini waktu menuju Pantai Santolo, atau berniat membawa perlengkapan panjat tebing untuk menguji nyali serta menaklukan tebing setinggi 20 mtr. di alam terbuka. 

Di akhir minggu atau hari libur, umumnya pegiat alam bebas berniat menginap serta membangun tenda di lokasi wisata Batu Tumpang. Tebing menantang ini umum jadikan tempat latihan panjat tebing oleh anggota TNI dari Komando Kiat Angkatan Darat (KOSTRAD) 303 Cibuluh Garut serta sebagian komune penggemar alam. Tebing Batu Tumpang sempat juga jadikan tempat pengibaran bendera Merah Putih pada peringatan HUT RI oleh sekolompok Remaja Penggemar Alam Garut (REPAGA). 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Follow Us @garuthomestay